APA ITU SPEKTRUM UNSUR



Spektrum merupakan kumpulan dari berbagai frekuensi/panjang gelombang radiasi yang dipisah-pisahkan.

Bila cahaya matahari atau sinar zat yang membara dilewatkan melalui sebuah prisma, maka cahaya atau sinar itu diuraikan menjadi beberapa warna pelangi. Warna-warna ini dapat dilihat apabila sinar yang dilewatkan prisma dijatuhkan pada pita film atau layar putih.

Warna-warna tersebut (berbentuk pita-pita) saling meliputi satu dengan lainnya. Bentuk spektrum yang demikian dinamakan spektrum kontinu. Cara memperolehnya tampak pada Gambar 1 di bawah.

Gambar 1. Cara memperoleh spektrum kontinu

Bila suatu unsur dipijarkan atau gas suatu unsur yang dipanaskan yang bertindak sebagai sumber cahaya, maka didapatkan garis-garis pada pita film atau layer. Spektrum yang demikian dinamakan spektrum garis.

Spektrum atom merupakan istilah lain untuk spektrum garis. Hal ini karena spektrum garis timbul oleh adanya perubahan energi di dalam atom. Karena tingkat energi atom tiap unsur berbeda, maka spektrum atom  bersifat khas, artinya atom dari unsur yang satu mempunyai spectrum yang berbeda dengan unsur yang lain.

Sebagai contoh bila gas hydrogen dipijarkan dalam suatu tabung dan sinar yang dihasilkan melalui/dilewatkan prisma, maka akan didapat-kan spectrum atom hydrogen berupa garis-garis pita film seperti tampak pada Gambar 2.



Gambar 2. Spektrum atom hidrogen

Berkatalah baik atau diam

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post