PEMANFAATAN ALKOHOL



Methanol
Metanol (metil alkohol), CH3OH, merupakan cairan senyawa tak berwarna dan tak berbau sehingga digunakan sebagai pelarutdan bahan awal untuk sintesis metanal (formaldehyde). Methanol biasa disebut wood alcohol dapat diperoleh dari hasil pemanasan kayu tanpa adanya udara. Metanol bersifat toksik dan dapat menyebabkan kebutaan atau bahkan kematian. Methanol dapat juga digunakan sebagai bahan bakar, khusnya untuk formula mobil balap..

Ethanol
Etanol (etil alkohol), CH3CH2OH, merupakan cairan tidak berbau dan berwarna. Senyawa ini ada dalam minuman beralkohol serta digunakan sebagai pelarut atau bahan baku untuk pembuatan senyawa organik lain. Etanol yang digunakan dalam minuman dibuat dari hasil fermentasi karbohidrat (gula dan pati). Citarasa minuman beralkohol sangat dipengaruhi oleh bahan baku dan proses fermentasinya: scotch (grain), bourbon (corn), burgundy wine (grapes and grape skins), and chablis wine (grapes without red skins). Secara sederhana proses reasksi fermentasi dapat dituliskan sebagai berikut: 



Minuman beralkohol yang disebut diatas memiliki konsentrasi alkohol yang cukup beragam. Anggur umumnya mengandung alkohol 12–13% karena ragi yang menghasilkan etanol akan terbunuh oleh konsentrasi etanol 12–13%. Untuk menghasilkan bourbon atau scotch dengan konsentrasi etanol 40–45%, hasil dari fermentasi harus didestilasi. Untuk menggunakan etanol murni  (100% etanol) diatur sesuai dengan peraturan pemerintah.

2-Propanol  (isopropil alkohol),


Umum digunakan sebagai rubbing alcohol karena penderita yang mengalami demam tinggi dikompres dengan alkohol ini untuk menurunkan temperatur tubuhnya. Cepatnya pengupan alkohol akan mendinginkan kulit. Cara ini sudah tidak lagi umum digunakan. Isopropil alkohol juga digunakan sebagai disinfectant, astringent (skin-drying agent), pelarut dalam industri, dan bahan baku dalam sintesa organik. Senyawa ini tidak berwarna, agak berbau dan bersifat racun.

1,2-Ethanediol (ethylene glycol),


Digunakan untuk antifreeze pada kendaraan bermotor. Bila ditambahkan dalam air radiator, ethylene glycol yang larut akan menurunkan titik beku dan menaikkan titik didih air.  Ethylene glycol memiliki rasa agak manis tapi bersifat racun. Untuk alasan ini, penambahan zat warna digunakan pada antifreeze untuk menjamin bahwa swnyawa ini dapat teridentifikasi.

1,2,3-Propanetriol (glycerol),

Cairan agak kental, sweet-tasting, cairan tak beracun. Gliserol sangat larut dalam air dan digunakan untuk kosmetik, obat-obatan dan pelumas. Gliserol diperoleh dari hasil hidrolisis lemak. 



1 Comments

Berkatalah baik atau diam

  1. For many people this is important, so check out my profile: גמילה מסמים

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post