SEKILAS TENTANG AMINA


Pada postingan kali akan diperkenalkan unsur lain yang ada dalam molekul organik. Unsur tersebut adalah nitrogen, atom keempat yang umum dijumpai dalam sistem kehidupan. Unsur ini merupakan komponen penting dalam struktur asam-asam nukleotida, DNA dan RNA, yang merupakan molekul-molekul pembawa informasi genetik untuk sistem kehidupan. Unsur nitrogen juga esensial untuk struktur dan fungsi protein, yaitu molekul yang berperan terhadap berkerjanya sistem biologi. Beberapa protein yang berperan sebagai enzim akan bertidak sebagai katalis pada reaksi kimia yang memungkinkan bertahannya sistem kehidupan. Protein lain, seperti antibodi, melindungi kita dari infeksi yang disebabkan oleh berbagai sumber infeksi. Protein juga merupakan komponen dari struktur sel dan tubuh.

Salah satu kelompok molekul organik yang mengandung nitrogen adalah senyawa-senyawa amina. Senyawa ini dikaraktristikan dengan adanya suatu gugus amino (—NH2).



Atom nitrogen dari gugus amino salah satu atau semua atom hidrogennya dapat diganti dengan gugus organik. Secara umum struktur yang ada sbb:


Senyawa amina sangat umum pada sistim biologi dan memperlihatkan aktifitas fisiologis, misalnya  histamine. Histamine memberikan konstribusi terhadap respon  inflammatory yang disebabkan oleh gejala demam dan alergi, termasuk pembengkakkan pada membran hidung serta kelebihan pengeluaran pada cairan hidung. Ephedrine merupakan antihistamine, senyawa ini merupakan isolat dari daun tanaman mahuang, yang telah digunakan di China ribuan tahun yang lalu. Saat ini dengan mudah anda dapat jumpai di apotik. Struktur histamine dan ephedrine sbb:
.



Struktur lain dari senyawa nitrogen yang akan kita bahas adalah senyawa amida. Senyawa ini merupakan produk dari hasil reaksi antara amina dan turunan asam karboksila membentuk struktur umum sbb:


Struktur umum senyawa amida
Protein yang dibangun dari subunit asam-asam amino memiliki karakter keberadaan gugus amino dan karboksil. Bila asam-asam amino terikat satu sama lain maka rantai protein akan terbentuk, gugus amino dari asam amino berikatan dengan gugus karboksil dari asam amino lain. Ikata amida yang terbentuk disebut ikatan peptida.



Bab ini kita akan membahas kimia dari senyawa organik yang mengandung nitroge. Kemudian pada pembahasan berikutnya kita akan mempelajari struktur dan sifat-sifat senyawa nitrogen dalam molekul biologi.

Berkatalah baik atau diam

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post